Polling

Menurut anda Tampilan Website Desa Bhakti Karya ini Bagaimna ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 85
Pengunjung Bulan ini : 111
Total Pengunjung : 2944

Produk Unggulan

Budidaya Kelapa Sawit Desa Bhakti Karya


 

Desa bhakti karya memiliki tanaman sawit yang cukup, baik tanah sawit milik KUD atau warga setempat, bahkan sampai saat ini pun masih banyak orang yang menginginkan untuk bisa membeli sebuah lahan untuk bisa dijadikan sebagai penghasil dana pribadi yaitu Tanaman Sawit, ataupun karet.

Kelapa sawit juga dapat dijual di PT seharga Rp.1.200./kg.

Kelapa sawit berbentuk pohon. Tingginya dapat mencapai 24 meter.Akar tanaman kelapa sawit mengarah ke bawah dan samping. Selain itu juga terdapat beberapa akar napas yang tumbuh mengarah ke samping atas untuk mendapatkan tambahan aerasi.

Seperti jenis palma lainnya, daunnya tersusun majemuk menyirip. Daun berwarna hijau tua dan pelepah berwarna sedikit lebih muda. Penampilannya agak mirip dengan tanaman salak, hanya saja dengan duri yang tidak terlalu keras dan tajam. Batang tanaman diselimuti bekas pelepah hingga umur 12 tahun. Setelah umur 12 tahun pelapah yang mengering akan terlepas sehingga penampilan menjadi mirip dengan kelapa.

Buah sawit mempunyai warna bervariasi dari hitam, ungu, hingga merah tergantung bibit yang digunakan. Buah bergerombol dalam tandan yang muncul dari tiap pelapah. Minyak dihasilkan oleh buah. Kandungan minyak bertambah sesuai kematangan buah. Setelah melewati fase matang, kandungan asam lemak bebas (FFA, free fatty acid) akan meningkat dan buah akan rontok dengan sendirinya.

Buah terdiri dari tiga lapisan:

  • bagian kulit buah berwarna kemerahan dan licin.
  • serabut buah
  • cangkang pelindung inti

Inti sawit (kernel, yang sebetulnya adalah biji) merupakan endosperma dan embrio dengan kandungan minyak inti berkualitas tinggi, yang sering dijual diPT Terdekat.

Kelapa sawit berkembang biak dengan cara generatif. Buah sawit matang pada kondisi tertentu embrionya akan berkecambah menghasilkan tunas (plumula) dan bakal akar (radikula).

maka dari itu masih banyak orang yang menginginkan mempunyai lahan kelapa sawit pribadi lebih banyak.


Share :